Pembenahan Arsip Desa

Setelah ± 4 bulan website Desa Ngabean dionlinekan ( tapi secara resmi memang belum dilaunching ) ternyata sudah ada yang memberikan masukan lewat form kontak kami diwebsite tersebut. Pada intinya dari warga yang menyampaikan aspirasi tersebut adalah meminta kepada Pemerintah Desa untuk melaksanakan persyaratan dalam memberikan pelayanan sesuai dengan syarat yang sudah ditulis diwebsite dipage pelayanan umum.

Dalam page tersebut disebutkan bahwa untuk dapat dilayani di Kantor Desa Ngabean untuk kepentingan surat menyurat harus membawa 1. Surat Pengantar dari Ketua RT setempat, 2. FC SPPT yang telah lunas dibayar pada tahun berjalan. Ternyata ada kejadian dilingkungan Dusun Krajan bahwa seorang Ketua RT tidak mengetahui bahwa ada warganya yang mau menikahkan anaknya. Ketua RT tersebut mengetahui justru malah dari warga yang lain menjelang pernikahan dilangsungkan.

Kejadian seperti diatas memang bukan yang pertama bahkan mungkin sering, hal tersebut terjadi karena khusus untuk masalah pernikahan biasanya warga langsung ke petugas PPN Desa yaitu Bp. M Sanusi ( Beliau mantan Kasi Kesra ) atau kadang langsung lewat Kadus masing-masing sehingga tidak melalui Ketua RT. Sedangkan untuk surat-surat yang lain warga juga sering tidak ke Ketua RT dulu untuk minta pengantar ke Kantor Desa.

Ditambah lagi ketika sampai di Kantor Desa petugas /perangkat desa tidak menanyakan pengantar dari Ketua RT atau kalaupun ditanyakan karena memang tidak bawa pengantar akhirnya tetap dilayani, alasannya ya.. karena kasihan warga kalau harus bolak-balik.

Menyikapi hal tersebut maka Kepala Desa Ngabean hari ini Senin, 11 Juni 2012 membuat Surat Edaran kepada Ketua RT dan RW se Desa Ngabean dengan Nomor : 470/106/2004/2012  tentang Pedoman Pelayanan Surat Menyurat di kantor Desa Ngabean, dengan tembusan Kepala Seksi Tata Pemerintahan Kecamatan Secang dan Ketua BPD Desa Ngabean.

Surat Edaran ini berisi tentang syarat untuk mendapatkan pelayanan di Kantor Desa Ngabean seperti yang ditulis di page Pelayanan umum di web Desa Ngabean, yaitu harus membawa Surat Pengantar dari RT setempat dan foto copy SPPT yang telah lunas dibayar tahun berjalan.

Dengan dikeluarkannya Surat Edaran tersebut diharapkan semua warga sudah mengetahui lewat Ketua RT dan RW masing-masing bahwa untuk mendapatkan pelayanan di Kantor Desa Ngabean harus membawa kedua syarat diatas.

Mungkin ada pertanyaan kenapa syarat yang kedua adalah membawa fotocopy SPPT yang telah lunas dibayar tahun berjalan?

Jawabannya adalah dalam rangka mencapai target realisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan ( PBB ) Desa Ngabean yaitu sebesar 95% maka syarat tersebut harus dicantumkan. Karena selama ini Desa Ngabean selalu saja gagal dalam memenuhi target penerimaan PBB sesuai yang diharapkan. Untuk itu kepada semua warga Desa Ngabean diharapkan dapat membantu Pemerintah Desa Ngabean mencapai target penerimaan PBB dengan membayar PBB sebelum jatuh tempo yaitu Bulan September 2012.

Sekian, Semoga Bermanfaat.

4 thoughts on “Pembenahan Arsip Desa

  1. Pada Senin, 11 Juni 2012 Desa telah membuat Surat Edaran kepada Ketua RT dan RW se Desa Ngabean dengan Nomor : 470/106/2004/2012 tentang Pedoman Pelayanan Surat Menyurat di kantor Desa Ngabean, dengan tembusan Kepala Seksi Tata Pemerintahan Kecamatan Secang dan Ketua BPD Desa Ngabean.

    Pertanyaan:
    Apakah surat tersebut sudah didistribusilkan ? karena sampai saat ini belum sampai di RT 2 RW 1

    Saran : Dalam pendistribusian surat dibuat buku expedisi sehingga tahu siapa penerimanya baik secara langsung maupun dititipkan seseorang sehingga tahu dimana surat itu berhenti sebagai bukti bagi desa tentang pendistribusian surat menyurat…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s