Program e-KTP Kecamatan Secang

Program e-KTP atau KTP Elektronik adalah program dari Pemerintah Pusat yang sampai saat ini pelaksanaannya masih menghadapi beberapa kendala. Seperti di Kabupaten Magelang ini sebagian besar alat rekam data e-KTP ini belum sampai. Dan untuk Kecamatan Secang saat ini sudah mendapat pinjaman alat dari Kabupaten Sleman dan Wonosari Yogyakarta.

KTP Elektronik adalah KTP berbasis NIK Nasional yang memiliki spesifikasi dan format KTP Nasional dengan sistem pengamanan khusus yang berlaku sebagai identitas resmi yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota. Dengan diberlakukannya e-KTP ini diharapkan nanti tidak akan ada lagi kasus KTP ganda sehingga akan memudahkan dalam mengidentifikasi seseorang.

Dalam pelaksanaan program e-KTP ini Kecamatan Secang membentuk Tim Pelaksana Program e-KTP tingkat kecamatan yang terdiri dari unsur Muspika, staf kecamatan, masyarakat dan juga dari unsur kepala desa. Dari unsur Kepala Desa ini diambil dari Kepala Desa Ngabean ( BP. Yuly Hermawan Susilo ) dan Kepala Desa Donorejo ( Bp. Miftahurridlwan ). Tim ini telah melakukan rapat koordinasi pada tanggal 5 Juni 2012 diruang kerja Camat Secang.

Setelah itu pada tanggal 13 Juni 2012 kemarin kecamatan secang mensosialisaikan pelaksanaan program e-KTP ini kepada masyarakat dengan mengundang Kepala Desa, Ketua BPD dan Kasi Pemerintahan Desa se Kecamatan Secang. Dan pada tanggal 14 Juni 2012 ( hari ini ) sudah dimulai perekaman data penduduk untuk jadual pertama yaitu Kelurahan Secang.

Untuk Desa Ngabean sendiri mendapat giliran jadual ke 4 yaitu setelah Desa Madyocondro. Untuk mensukseskan program e-KTP ini dihimbau kepada masyarakat yang saat ini kartu keluarga dan KTP nya masih bernomor 11 untuk segera mengajukan penggantian dengan nomor kependudukan SIAK ( Sistem Informasi Administrasi Kependudukan ) yaitu 33 dengan cara mengajukan permohonan membuat KK dan KTP baru ke kecamatan dengan pengantar dari desa. Sehingga nanti diharapkan saat tiba giliran Desa Ngabean untuk melakukan perekaman data penduduk semuanya sudah bernomor 33 dan program e-KTP ini bisa berjalan dengan lancar dan aman.

Meskipun demikian bagi warga yang nanti saat pelaksanaan perekaman data ternyata belum mendapat undangan tidak perlu risau ataupun khawatir karena nanti masih akan tetap didata dan bisa mendapatkan e-KTP. Tapi tentunya setelah semua warga yang mendapat undangan yang pertama telah selesai melakukan perekaman data di kecamatan.

Sebagai langkah persiapan segera saja mengajukan permohonan membuat KK dan KTP baru yang sesuai dengan administrasi kependudukan SIAK. Dan insya Allah Pemerintah Desa Ngabean akan melakukan sosialisasi kepada warga Desa Ngabean pada tanggal 19 Juni 2012 di Balai Desa Ngabean dengan mengundang RT/RW  se Desa Ngabean, BPD, LPMD dan Pengurus PKK Desa.

Sekian, Semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Program e-KTP Kecamatan Secang

  1. Kalau melihat urutannya Desa Pucang berada diurutan 16, berikut urutannya :
    1. Secang
    2. Madusari
    3. Madyocondro
    4. Ngabean
    5. Krincing
    6. Donorejo
    7. Candisari
    8. Candiretno
    9. Pancuranmas
    10. Jambewangi
    11. Payaman
    12. Kalijoso
    13. Ngadirojo
    14. Karangkajen
    15. Sidomulyo
    16. Pucang
    17. Purwosari
    18. Donomulyo
    19. Girikulon
    20. Pirikan
    Demikian , Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s